Home » » Feedburner dan cara berlangganannya untuk blogspot

Feedburner dan cara berlangganannya untuk blogspot

Posted by INFO COMPUTER on Friday, September 9, 2011


FeedBurner adalah media penyedia layanan bagi sebuah web untuk mendistribusikan suatu kontennya dengan baik. Berlangganan feed ini akan dikirim melalui sebuah web portal secara otomatis.
Sobat mungkin mengenali ikon feed universal atau "chicklets" dari situs favorit sobat, blog, dan podcast. Ikon ini mewakili konten dalam format apapun seperti teks, audio atau video. Sobat bisa berlangganan dan membaca / menonton / mendengar menggunakan pembaca feed.
Teknologi evolusi dalam penerbitan online sudah membuat menjadi sangat mudah untuk tidak hanya mempublikasikan update reguler ke konten berbasis web, tetapi juga melacak sejumlah besar situs favorit sobat semua atau blog, gak harus ingat buat meriksa setiap situs secara manual. Sobat sekarang bisa merampingkan pengalaman online sobat dengan berlangganan ke feed konten yang spesifik dan mengumpulkan informasi ini di satu tempat untuk dibaca.
Menurut saya, FeedBurner merupakan layanan untuk bisa membantu menaikkan traffic pengunjung web, yaitu dengan cara penyebaran konten web itu sendiri sob. Buat sobat yang belum ngedaftarin web / blognya di FeedBurner...langsung daftar aja yuk sob.
Dibawah ini saya bakalan nyoba buat  mereview bagaimana caranya agar suatu blog bisa berlangganan layanan ini atau terdaftar di layanan ini, dan ini yang udah saya coba sob dari tutorial para sang ahli, khususnya cara Kang Rohman.

Langkah-langkah yang harus dilakukan gini nih sob:

1. Masuk ke penyedia layanan yaitu di http://www.feedburner.com
2. Klik sign in memakai alamat email sobat / blog. Setelah masuk, sobat bakalan melihat sebuah halaman web untuk memburning alamat web / blog sehingga menghasilkan alamat feed.
3. Coba masukkan alamat web / blog sobat seperti "http://namaanda.blogspot.com" didalam kotak di bawah tulisan Burn a feed right this instant, lalu lanjutkan / klik next.
4.  Sobat bakalan disuguhkan halaman IDENTITY FEED SOURCE berupa dua buah pilihan alamat feed blog sobat yaitu alamat atom dan RSS, contoh atom: "http://fie-link.blogspot.com/feeds/posts/default" dan contoh RSS:  "http://fie-link.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss". Pilih salah satu aja sob dengan menandai radio button, sobat bebas memilih alamat feed yang sobat inginkan. Lalu klik next.

5. Setelah itu akan muncul halaman selamat datang WELCOME! LET US BURN A FEED FOR YOU. Setting / masukkan feed title misalkan dengan nama sobat, dan feed address berupa kata unik yang belum terpakai oleh orang lain. Lalu klik next.

6. Alamat feed sobat udah jadi nih dengan munculnya halaman CONGRATS! YOUR FEEDBURNER FEED IS NOW LIVE. WANT TO DRESS IT UP A LITTLE?. Kemudian lanjutkan saja dengan klik next.

7. Centang kotak "Clickthroughs - How often people click items back to your site" dan kotak "I want more! Have FeedBurner Stats also track" lalu klik next.

8. Klik tab Optimize, silahkan sobat setting yang sobat perlukan, yang terpenting...sobat pilih fitur "SmartFeed" dan klik tombol activate.

9. Lalu pilih tab Publicize, pilih dan setting fitur yang sobat perlukan. Dan yang paling banyak digunakan adalah fitur ini nih sob:
FeedCount, silahkan klik fitur FeedCount. Pilih chicklet style, dan biasanya yang paling banyak di pakai oleh kebanyakan blogger adalah chicklet style static. Untuk setting warna terserah yang sobat inginkan. Lalu klik activate. Copy kode HTML yang ada pada text area, dan pasang di blog / web sobat.
Chicklet chooser, pilih icon yang sobat inginkan dengan memilihnya di radio button samping icon. Copy kode HTML yang berada di bawah (setiap icon kode HTML berbeda). Lalu pasang di blog / web sobat.
Pingshoot, klik tombol activate.
Headline Animator, setting semua yang diinginkan, lalu klik activate dan pada menu "add to" silahkan sobat pilih type blog yang sobat pakai, misalkan sobat memakai layanan blogspot (karena kebetulan saya mempraktekannya untuk blog saya ini), maka sobat pilih "Blogger Blog" pada menu drop down. Lalu klik next. Kemudian akan muncul halaman baru untuk memverifikasi pemasangan  banner di blog sobat. Klik "Add to blogger" dan Klik untuk "menambah widget" setelah sobat masuk ke akun blogger sobat. Kata Kang Rohman sih cara ini berlaku khusus untuk template yang baru.

10. Untuk tahap selanjutnya silahkan sobat menuju akun blog sobat, klik setting > feed situs, lalu izinkan feed blog "Penuh" pada menu dropdown. Kemudian simpan alamat feed sobat seperti "http://feeds.feedburner.com/Fie-link" pada postingan URL pengubahan arah feed. Klik tombol save / simpan setelan.

Selesai, blog sobat telah terdaftar di FeedBurner, dan FeedBurner bakalan ngebantu mempublikasikan konten-konten blog sobat.




Thanks for reading & sharing INFO COMPUTER

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search