Home » , , , , , , , , , » Tips Mempercepat Kinerja Komputer/Laptop

Tips Mempercepat Kinerja Komputer/Laptop

Posted by INFO COMPUTER on Tuesday, October 13, 2015



Kinerja yang cepat pada Komputer, sudah menjadi keinginan tersendiri bagi para penggunanya. apalagi jika kinerja komputer mulai lambat saat melakukan aktivitas seperti Browsing, Email, Mengetik dan lain sebagainya, terkadang membuat penggunanya merasa jengkel dan kesal. jadi, tidak heran lagi kalau Komputer yang lemot bisa membuat penggunanya merasa Kesal.

Jika anda mulai merasakan kinerja Komputer/Laptop anda terasa lambat/Lemot dan sehingga mengganggu aktivitas anda dalam penggunaannya. Pada artikel ini, saya akan menuliskan mengenai Tips untuk Mempercepat kinerja Komputer/Laptop anda. apa saja Tipsnya? Silahkan baca Tipsnya yang sudah saya tuliskan dibawah ini.


Optimalkan Kinerja Memori Anda


Jika Memori, seperti RAM dan Harddisk anda hampir penuh. sudah tidak heran lagi jika Komputer anda mulai terasa lambat. hal ini disebabkan oleh karena tidak adanya "ruang" yang cukup saat membuka atau menjalankan sebuah Program, Software dan Windows yang sedang anda jalankan.

1. Hapus Program/File yang Menurut Anda Tidak Penting


Silahkan Hapus saja Program/File yang menurut anda tidak terlalu penting pada Komputer/Laptop anda, melalui Control Panel. atau bisa juga melalui file My Document anda. untuk menghapus program melalui Control Panel silahkan Klik Start > Control Panel > Uninstall Program.

2. Gunakan Software CCleaner


Apa itu CCleaner? CCleaner adalah Software yang bekerja untuk menghapus file - file Sampah pada komputer anda seperti bekas cache, registry , History, Cookies dan lain sebagainya yang mempengerahui Kinerja perangkat anda. Silahkan anda unduh Softwarenya secara gratis Disini.

3. Gunakan Disk Cleanup


Tool ini berguna untuk menghapus File - File yang menurut Windows tidak berguna atau bisa disebut sebagai Sampah. Tool ini menurut saya hampir sama dengan Software CCleaner, namun bedanya dengan CCleaner yaitu CCleaner lebih bekerja maksimal untuk membersihkan File Sampah. anda bisa menggunakan Disk Cleanup dengann meng-klik kanan pada Drive yang anda ingin bersihkan, Misalnya pada Local Disk (C:) lalu pilih Properties > Pilih Disk Cleanup pada tab General.

4. Upgrade Memori Anda


Memperbesar kapasitas Memori pada perangkat anda dengan cara Upgrade Memori Hardware. tidak hanya memberikan Memori yang lebih banyak namun juga berguna untuk meningkat kinerja perangkat anda, bahkan bisa menjadi 2x lipat dari sebelumnya. Silahkan pasang Memori SSD untuk Komputer/Laptop anda dan Tambahkan memori RAM pada Komputer/Laptop anda, Untuk kesehari - harian dalam beraktifitas seperti Mengetik, Browsing, Email dan lain sebagainya, saya menyarankan Upgrade RAM menjadi hingga 3 GB - 4 GB. untuk kebutuhan Bermain Game saya menyarankan Upgrade RAM hingga 6 GB - 8 GB atau lebih.

Gunakan Antivirus


Antivirus sendiri juga sangat perlu digunakan untuk menghindari serangannya Virus pada perangkat anda. terinfeksinya Virus pada perangkat cukup berbahaya karena bisa menyerang Program, Windows dan File - File anda. Virus sendiri juga dapat mempengerahui kinerja pada perangkat anda menjadi lebih lambat. Silahkan Unduh AVG Antivirus secara Gratis Disini.

Jika sudah anda unduh, silahkan Install lalu jalankan Software tersebut. Silahkan Klik Scan untuk mendeteksi ancaman Virus pada perangkat anda.

Optimalkan Kinerja Processor dan RAM Anda


Kurang optimalnya Kinerja Processor dan RAM juga dapat mempengerahui Kinerja perangkat anda. hal ini disebabkan karena kurang maksimalnya Kinerja Processor dan RAM saat anda menggunakan perangkat anda. Untuk Cara mengoptimalkan Kinerja Processor dan RAM, Silahkan baca Artikel saya mengenai Langkah Mudah, Mengoptimalkan Kinerja Processor dan RAM dengan meng-Klik Disini.

Gunakan Disk Defragmenter


Apa itu Disk Defragmenter? Disk Defragmenter berguna untuk menyusun ulangnya kembali data yang telah terfragmentasi. Fragmentasi pada data membuat Drive anda bekerja lebih keras, hal tersebutlah yang membuat kinerja Komputer/Laptop anda menurun. Gunakan Tool ini dengan cara Pilih Drive yang anda ingin Defrag-kan, Misalnya pada Local Disk (C:) lalu klik Kanan > Properties > Pilih Defragment Now/Optimize pada tab Tools.

Thanks for reading & sharing INFO COMPUTER

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search