Home » , , , , , » Teknologi Intel Turbo Boost Membuat Performa Notebook Menurun?

Teknologi Intel Turbo Boost Membuat Performa Notebook Menurun?

Posted by INFO COMPUTER on Sunday, September 20, 2015



Teknologi turbo boost adalah fitur dari intel yang akan aktif ketika anda sedang menjalankan program atau game yang membutuhkan performa lebih, secara otomatis fitur tersebut akan menambah kecepatan 5.00 GHz atau lebih pada Processor anda. Namun, Fitur tersebut malah membuat performa beberapa Notebook menurun. hal ini disebabkan oleh suhu yang panas oleh Turbo Boost itu sendiri.

Tingginya suhu pada Notebook sebenarnya akan mengalami penurunan kecepatan Processor hingga kisaran 1.00 GHz - 1.20 GHz, hal tersebut bukanlah kerusakan, melainkan metode Throttling. Metode throttling sendiri akan aktif ketika suhu mencapai 75 Derajat Celsius, hal ini untuk membuat hardware tidak cepat mengalami kerusakan.

Biasanya penurunan performa ini, bisa dirasakan oleh pengguna Notebook dengan jenis VGA Discrete. Sebenarnya Fitur Turbo Boost tersebut bisa anda gunakan. namun, anda harus menjaga suhu pada Notebook anda. dan seperti yang saya katakan tadi, jika Turbo Boost aktif dibawah suhu 75 Derajat Celsius, metode Throttling tidak akan aktif juga.

Melihat hal ini, jika anda juga merasakan penurunan performa oleh Turbo Boost. anda mempunyai 2 pilihan saja untuk mengatasi hal ini. Pertama, matikan Fitur Turbo Boost dan Kedua, pertahankan suhu dibawah 75 Derajat Celsius. saya sendiri lebih menyarankan anda untuk memilih mematikan fitur tersebut. karena untuk tidak menyebabkan aktifnya Turbo Boost yang menghasilkan panas pada Notebook yang mengganggu kenyamanan dalam penggunaan.

Untuk mematikan Fitur Turbo Boost ini, Anda hanya perlu mengedit jumlah batas maksimal pada Power Plan anda.

1. Klik kanan pada logo baterai pada taksbar anda lalu pilih Power Options. logo baterai berada pada bagian bawah kanan taskbar.





2. Checklist Balanced lalu klik Change plan settings.



3. Klik Change advanced power settings.



4. Pilih bagian Processor power management. lalu berikan angka pada Minimum processor state 5% saja dan berikan angka 99% pada Maximum processor state.

jika Turbo Boost tetap aktif, turunkan saja Maximum processor state hingga 90%.
jika bingung, anda tinggal melihat Screenshot saya.



Untuk anda yang tetap ingin menggunakan Fitur Turbo Boost. gunakan saja Cooling Pad/Notebook Cooler dan Upgrade memori anda untuk memperingankan kinerja Hardware.

Thanks for reading & sharing INFO COMPUTER

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search