Home » , , , , , , , » Tips Gaming dengan Notebook Sandy Bridge

Tips Gaming dengan Notebook Sandy Bridge

Posted by INFO COMPUTER on Monday, September 7, 2015



Yup,Tidak semua Notebook memiliki performa yang baik untuk gaming. namun, bahkan Notebook yang dibekali dengan processor Core i3 hingga core i7 sekaligus bisa mendapatkan lagging saat bermain Games.

Saya sendiri pun juga pengguna Notebook Sandy Bridge dengan Processor i5-2540M dan belakangan ini saya sudah mencoba beberapa games Race dan Fps namun justru beberapa ada yang mengalami freezing/lagging dan tidak. performa Notebook saya sendiri bisa di bilang kurang untuk bermain games Next gen, bisa di liat spesifikasi saya.






Dan biasanya masalah ini ditemukan pada Notebook yang tidak di rancang untuk gaming dan menggunakan VGA discrete.

Setelah saya mencoba test dan googling kesana kemari dan ternyata suhu pada Processor tersebut lah yang membuat performa Notebook saya menurun. Perlu di ketahui, Processor Sandy Bridge memiliki fitur Turbo Boost dari intel. jadi setiap kali menjalankan Program dan Games berat, otomatis Turbo Boost itu akan menyala. i5-2540M memiliki kecepatan 2.60 Ghz jika Turbo Boost menyala akan menyentuh 3.10 Ghz dan tentu, fitur Turbo Boost tersebut membuat Notebook saya panas.

lalu bagaimana mengatasinya? Pada umumnya Notebook yang menyentuh suhu kisaran 75-90 Derajat Celsius secara otamatis menurunkan kecepatan 1.00 - 1.20 Ghz saja. untuk mengatasi masalah tersebut saya telah membuat beberapa solusi.


Solusi Pertama


Solusi pertama saya adalah mematikan fitur Turbo Boost tersebut. untuk mematikan fitur tersebut saya menggunakan metode power plan. buat sebuah Power Plan dan set processor state ke 99%. jika bingung bagaimana caranya, ikuti petunjuk saya.

1.Klik kanan pada logo baterai dibawah kanan windows lalu klik power option seperti gambar di bawah ini.



2.Klik Create a Power Plan pada bagian pinggir atas kiri.


 3.Jika sudah, pilih Balanced lalu klik Next atau bisa juga dinamai Power Plan nya, Contoh : GudangTips-PC. Jika sudah, klik Create.


4 .Pilih Power Plan yang sudah di buat tadi, Lalu klik Change Plan Setting.


5.Terakhir Klik Change Advanced Power Settings. Buka pada bagian Processor Power Management Lalu buka pada bagian Minimum Processor State, Ketik 5% pada On Battery dan Plugged in. Lalu buka pada bagian Maximum Processor State, Ketik 99% pada On Battery dan Plugged in. Jika bingung, bisa lihat Screenshot di bawah.


Jika masih terasa panas berlebih. sebaiknya, turunkan lagi hingga kisaran 2.00 Ghz. Kisaran 2.00 Ghz sudah cukup untuk menjalankan Game Standar.

Solusi Kedua





Untuk Solusi Kedua saya, yaitu gunakan Notebook Cooler. Saya sangat menyarankan menggunakan Notebook Cooler. Tidak hanya untuk menjaga suhu berlebih pada Notebook. namun, juga berguna untuk Gaming yang lebih lama pada Notebook Sandy Bridge.

Bisa cek Disini.

Solusi Ketiga




Solusi Ketiga saya, yaitu upgrade Ram pada Notebook anda. Jika kebutuhan anda bermain Games. saya menyarankan upgrade Ram 6 GB - 8 GB. Ram tidak hanya bisa mengurasi panas berlebih. namun, juga dapat memperingankan kinerja Hardware seperti Processor dan VGA. Upgrade Ram juga dapat membuat Game yang sebelumnya berjalan lambat menjadi lebih ringan dan tentu saja, anda akan mendapatkan FPS lebih banyak pada game anda.

Solusi Keempat


Solusi terakhir saya adalah menghentikan metode Throttling. Nah,mungkin anda akan bertanya tanya, apa itu Throttling. Throttling sebenarnya berguna untuk mencegah kerusakan Hardware pada suhu berlebih (Jika sudah menyentuh 75 Derajat Celcius Throttling secara otomatif akan aktif). Namun, Throttling sebenarnya menyebabkan penurunan Ghz pada Kisaran 1.00 - 1.20 Ghz, tentu Metode Throttling membuat Notebook Berjalan lebih lambat. 

Nah,anda bisa menghentikan Metode Throttling tersebut. namun, saya tidak menyarankan anda. karena jika melebihi suhu 75 Derajat Celcius. menghentikan metode Throttling pada suhu tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada Hardware. Anda bisa Men-Download Software tersebut Disini (Use That File at Your Risk!) Jika sudah di Download, lalu Install Softwarenya pada Notebook anda. Selanjutnya, pilih salah satu Profile. misalnya Game dan gunakan multiplier diantara 20 s/d 23 untuk memastikan Turbo Boost tidak aktif. Lalu klik Turn on pada bagian bawah kanan. Sebaiknya, gunakan Notebook Cooler untuk menghindari suhu berlebih pada Notebook.

Thanks for reading & sharing INFO COMPUTER

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search