Home » , , , , , , » Tips Gaming dengan Aman pada Laptop/Notebook

Tips Gaming dengan Aman pada Laptop/Notebook

Posted by INFO COMPUTER on Saturday, September 26, 2015



Sudah banyak Gamer yang memilih Laptop/Notebook untuk bermain Game mereka. apalagi, Semakin berkembangnya berbagai merek laptop yang menyediakan berbagai spesifikasi, mulai dari terendah hingga tertinggi.

Namun, bermain game pada waktu yang berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan, seperti lemahnya atau bahkan rusaknya Hardware karena kinerja yang terus menerus berjalan pada tingkat yang tidak sedikit. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa Tips apa saja agar bermain Game tidak menimbulkan kerusakan pada perangkat anda.



Batasi Waktu Bermain



Mengapa Bermain Game pada waktu yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan? hal ini sudah seperti yang saya tulis tadi, kinerja Hardware terus menerus berjalan. apalagi jika game tersebut bukanlah game yang ringan dimainkan. berikan waktu istirahat pada Laptop/Notebook untuk menghindari aus/lemahnya Hardware atau bahkan kerusakan pada hardware.

Lalu, berapa batas maksimal untuk bermain game pada Laptop/Notebook? cukup 3 jam saja. lalu istirahatkan Laptop/Notebook hingga 4 - 5 jam.



Gunakan Input Device Controller


Saya menyarankan anda untuk bermain game tanpa menggunakan Keyboard secara langsung pada Laptop/Notebook Anda. hal ini bisa saja menyebabkan kerusakan pada tombol keyboard. Karena penekanan pada beberapa tombol yang bisa saja rusak karena tekanan yang terus menerus. saat bermain game dengan keyboard, anda secara refleks bisa saja menekan kan tombol terlalu kencang.



Pilih Game sesuai Performa


Memilih Game sesuai Performa Laptop/Notebook memang sudah sepatutnya anda perhatikan. jika performa anda dalam bermain game masih belum mencukupi, carilah game ringan lainnya. anda juga bisa meningkat kinerja Laptop/Notebook dengan mengupgrade memori.

Kerusakan karena tidak sesuainya performa Laptop/Notebook dengan game bisa anda alami. hal ini dikarena kan tidak kuatnya Hardware dalam menjalankan Game. saya juga sangat tidak menyarankan anda untuk bermain game secara memaksa pada game yang tidak playable, karena bisa menyebabkan cepatnya Hardwarenya melemah atau rusak.


Perhatikan Suhu pada Laptop/Notebook


Hal ini untuk memastikan, apakah Laptop/Notebook anda mengalami Overheat dalam bermain game? jika iya, silahkan cari Tempat yang memiliki suhu yang lebih dingin. 
pastikan juga tidak bermain game pada kasur untuk tidak menghalangi ventilasi udara Laptop/Notebook. jika suhu masih terasa panas, anda bisa menggunakan Cooling Pad. 
Namun, jika masih saja terasa panas, hal ini biasanya disebabkan karena game tersebut terlalu berat untuk dijalankan.

anda bisa mengetahui suhu Laptop/Notebook dengan beberapa software seperti SpeedFanRealTempCore Temp dan Hardware Sensors Monitor.


Jangan meng-Overclock Laptop/Notebook untuk Bermain Game!






Overclock Laptop/Notebook sendiri menghasilkan suhu yang cukup panas. hal ini bisa membuat cepatnya Hardware rusak atau melemahnya kinerja, karena melebihi batas maksimal kinerja. walau overclock sendiri bisa menghasilkan performa 2x atau 3x lipat. 
Namun, apakah anda ingin secepatnya Hardware anda rusak? jelas, tidak ada yang menginginkan hal tersebut terjadi.

Thanks for reading & sharing INFO COMPUTER

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search