Home » , , , , , , » Tips Menghindari Kerusakan Hardware pada Laptop/Notebook

Tips Menghindari Kerusakan Hardware pada Laptop/Notebook

Posted by INFO COMPUTER on Wednesday, September 16, 2015



Kerusakan pada Hardware Laptop/Notebook sendiri tentu membutuhkan Budget yang tidak sedikit untuk memperbaiki atau mengganti Hardware tersebut. Bahkan jika kerusakan yang dialami oleh Laptop/Notebook cukup parah. bisa membutuhkan Budget yang seharga Laptop. Oleh karena itu, sebaiknya bagi anda pengguna Laptop ataupun Notebook harus menjaga perangkat anda dengan baik untuk tidak mengalami kerusakan Hardware.

jika anda ingin mengetahui, Hal hal apa saja yang dapat merusak Hardware anda. Saya mempunyai beberapa Tips untuk menghindarinya dan sedikit ciri ciri kerusakan pada Hardware Laptop/Notebook.



Jangan Lakukan Overclocking Berlebih pada Laptop/Notebook Anda





Overclocking adalah melakukan percepatan yang melebihi ambang batas pada Hardware seperti Processor, Ram dan VGA. Overclocking pada Laptop/Notebook anda dapat memperlambat kinerja Hardware dan bahkan beresiko Merusak Hardware anda. karena setiap komponen seperti Processor, Ram dan VGA sudah di batasi secepat mana Hardware berjalan. Overclocking Juga menghasilkan suhu yang sangat panas pada Laptop/Notebook anda (Overheat).



Batasi Waktu Bermain Game Anda


Bermain Game tentu hal yang sangat menyenangkan. apalagi Game sudah banyak yang memiliki Visual dan Grafik yang mirip dengan aslinya atau nyata. namun untuk anda pengguna Laptop/Notebook, batasi waktu bermain anda! untuk batas waktu maxsimal bermain game pada Laptop/Notebook adalah 3 Jam saja. lalu istirahatkan Laptop/Notebook hingga 4 atau 5 jam.

Terlalu seringnya bermain game pada waktu lebih dari 3 jam bisa menyebabkan Hardware menjadi berjalan lebih lambat karena terlalu lelahnya Hardware bekerja dan pengurangan batas pemakaian Laptop/Notebook. namun hal ini tidak berlaku untuk penggunaan non gaming atau kesehari harian.



Perhatikan Suhu pada Laptop/Notebook Anda





Suhu yang berlebih pada Laptop/Notebook juga bisa beresiko rusaknya Hardware karena suhu yang terlalu panas atau bisa disebut Overheat. beberapa hal yang membuat Laptop/Notebook Overheat bisa disebabkan oleh Program ataupun Games yang terlalu berat untuk dijalankan pada Laptop/Notebook anda. 

suhu pada Laptop/Notebook juga bisa terpengaruh oleh ruangan anda yang panas atau terkenanya Laptop/Notebook pada cahaya matahari secara langsung. dalam hal ini anda tentu perlu memperhatikan dimana anda bermain Laptop/Notebook berada.

sebaiknya carilah tempat yang lebih dingin atau ruangan ber-AC dan jangan pula bermain Laptop/Notebook pada kasur karena Ventilasi udara Laptop/Notebook anda terhalang oleh kasur sehingga Udara tidak dapat masuk dan malah debu pada kasur lah yang masuk kedalam Laptop/Notebook. Anda bisa menggunakan Cooling Pad untuk menjaga suhu berlebih Laptop/Notebook anda.

Untuk mengetahui suhu pada Laptop/Notebook, anda bisa menggunakan beberapa software gratis untuk mendekteksi suhu pada Hardware Laptop/Notebook seperti SpeedFan, RealTemp, Core Temp dan Hardware Sensors Monitor. silahkan di unduh secara gratis.


Jangan menggunakan Laptop/Notebook Tanpa Baterai!





Menggunakan Laptop/Notebook dengan keadaan AC power dan baterai terpasang memang bisa menyebabkan baterai anda bocor. namun, Laptop/Notebook yang dengan keadaan AC power terpasang dan Baterai tidak terpasang sebenarnya bisa menimbulkan Hardware anda rusak karena ketidak stabilnya listrik dan terlalu tingginya arus listrik yang di terima oleh komponen komponen Laptop/Notebook anda. Apalagi jika dalam keadaan seperti ini dan listrik tiba tiba mati akan sangat Fatal karena memang Laptop/Notebook tidak dalam proses Shut Down yang benar dan mendadak mati sehingga Komponen Komponen Laptop/Notebook akan kaget.

Namun sayangnya masih ada saja pengguna Laptop/Notebook menggunakan cara ini karena ketidak tahuan mereka tentang dampak negatif yang bisa dialaminya.



Ciri ciri kerusakan Hardware yang saya ketahui adalah saat menggunakan Laptop/Notebook tanpa menggunakan AC power akan mengalami penurunan performa yang cukup jauh, sering terjadinya Mati sendiri pada Laptop/Notebook, AC power mulai susah digunakan untuk mengisi Baterai Laptop/Notebook dan terakhir Laptop/Notebook Mati Total.

Thanks for reading & sharing INFO COMPUTER

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search